GABRIELA KANDO RATO


aLL izt Well ^^ Master Bless Me

Tugas 1 jurnal keperawatan

pdf

Kesejahteraan penduduk akan berpengaruh pada peningkatan UHH di Indonesia. Berdasarkan laporan PBB 2011, pada tahun 2000-2005 UHH adalah 66,4 tahun (dengan presentasi populasi lansia tahun 2000 adalah 7,74%), angka ini akan meningkat pada tahun 2045-2050 yang diperkirakan UHH menjadi 77,6 tahun (dengan presentasi populasi lansia 2045 adalah 28,68%), begitu pula dengan laporan badan pusat statistic (BPS) terjadi peningkatan UHH.

Prevalensi hipertensi diperkirakan akan terus meningkat, dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29% orang dewasa di seluruh dunia menderita hipertensi, sedangkan di Indonesia angkanya mencapai 31,7%. Hipertensi dikenal dengan tekanan darah tinggi dan sering disebut sebagai “silent killer” karena terjadi tanpa tanda dan gejala, sehingga penderita tidak mengetahui jika dirinya terkena hipertensi.

Selain terapi farmakologis juga terdapat terapi nonfarmakologis untuk pengobatan hipertensi. Diantaranya  yaitu mengatasi obesitas atau menurunkan berat badan, mengurangi asupan garam ke dalam darah, menciptakan keadaan rileks seperti meditasi, yoga, atau hypnosis yang mengontrol system saraf untuk mengendalikan tekanan darah, melakukan olahraga secara rutin, berhenti merokok, dan berhenti mengonsumsi alcohol.

Meditasi adalah latihan olah jiwa yang dapat menyeimbangkan fisik, emosi, mental, dan spiritual seseorang. Meditasi adalah pemfokusan pikiran menuju status kesadaran yang membawa status ketenangan, kejelasan, dan kebahagiaan yang merupakan media dari NSR. 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :